Kamis, 04 November 2010

Cakar Ayam Saus Tiram

BANYAK orang tidak menyukai olahan cakar ayam karena alasan jijik. Sementara bagi mereka yang suka, cakar ayam bisa diolah dalam berbagai masakan. Pernah mengolah menu satu ini? Cakar ayam saus tiram yang siap menggoyang lidah.

Bahan:

Cakar ayam boiler 10 bh
Jeruk nipis, ambil airnya ½ bh
Air untuk merebus 1,5 liter
Minyak goreng secukupnya 2 sdm
Kecap inggris 1 sdt
Minyak untuk menggoreng 2 sdm
Bawang putih, cincang 8 siung
Saus tiram 3 sdm
Kecap manis 2 sdm
Gula pasir 1 sdm
Cengkih 3 bh
Pekak 5 bh
Minyak wijien 3 sdm
Cabai merah besar, buang bijinya, iris serong 1 bh

Cara Membuat:

1. Bersihkan cakar, kupas kulit luar dan potong kukunya, cuci bersih. Kemudian lumuri dengan jeruk nipis selama 5 menit. Cuci cakar sekali lagi hingga bersih. Rebus cakar dengan 1 liter air hingga empuk. Angkat dan tiriskan.

2. Letakkan cakar pada sebuah wadah, beri kecap inggris dan kecap asin, aduk rata. Diamkan selama 15 menit. Panaskan minyak, goreng cakar hingga kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.

3. Kemudian, rebus kembali cakar ayam yang telah digoreng dengan sisa air pada resep hingga kulitnya mekar dan empuk. Angkat dan tiriskan.

4. Sementara itu, panaskan minyak, tumis bawang putih hingga harum. Masukkan saus tiram, kecap manis, gula pasir, cengkih, pekak, dan minyak wijen, aduk rata. Masukkan cakar ayam, aduk hingga cakar terbalut bumbu. Terakhir, tambahkan irisan cabai merah, aduk sebentar. Angkat dan sajikan.


Share

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites